Jumat, 03 April 2015

0

Profesionalisme

Profesionalisme

Profesionalisme adalah sebuah kata serapan asing dalam Bahasa Indonesia. Profesionalisme merupakan sebuah kata sifat yang memiliki arti kemampuan atau keterampilan. Profesionalisme merupakan suatu ciri dari sikap orang yang profesianal. Dengan keterampilan itu biasanya para profesional mendapatkan bayaran sesuai dengan kemampuannya.

Ciri Profesionalisme

  1. Memiliki kemampuan pada suatu bidang serta kemahiran dalam penoprasian alat yang diperlukan dalam menjalankan tugas yang diberikan.
  2. Memiliki pengalaman serta kecermatan dalam menganalisa sebuah pekerjaan dan sensitif dalam membaca situasi secara cepat dan tepat serta cermat dalam membuat sebuah keputusan terbaik atas pekerjaan tersebut.
  3. Memiliki pemikiran yang selalu kedepan sehingga mampu berkompetisi dengan lingkungan sekitar.
  4. Memiliki kepercayaan akan kemampuan pribadi dan keterbukaan akan masukan dari orang lain, namun dapat memilih sesuatu yang terbaik bagi perkembangan dirinya.
Kode Etik Profesi

Kode etik profesi adalah sebuah aturan atau sebuah pemahaman tata cara dalam melakukan sebuah pekerjaan bahkan bersikap atau berperilaku. Kode etik profesi adalah norma yang harus ditaati setiap pelaku profesi dalam pelaksanaan tugasnya serta mempengaruhi kehidupannya dalam masyarakat luas. Kode etik berisikan petunjuk tentang sebuah profesi serta bagaimana seharusnya sebuah profesi dijalankan. Kode etik profesi pun mengatur tingkah laku para anggotanya dalam pergaulan sehari-hari. Kode etik juga merupakan sarana kontrol sosial bagi anggotanya.

0 comments:

Posting Komentar