Senin, 14 April 2014

0

Karya Tulis

Karya tulis merupakan uraina atau laporan tentang kegiatan, temuan, atau informasi yang berasal dari data primer dan/atau sekunder, serta disajikan untuk tujuan  serta sasaran tertentu. Informasi tersebut dapat berasal dari data primer yaitu didapatkan dan dikumpulkan langsung dan belum diolah dari sumbernya, seperti melalui pengujian (tes), kuisoner, wawancara, pengamatan (observasi). Informasi tersebut juga didapat dari data sekunder yang telah dikumpulkan dan diolah oleh orang lain, seperti melalui dokumen (misal laporan), hasil penelitian dan lain-lain.
Secara umum, karya tulis terdiiri atas : karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah.Namun demikian, karya tulis ilmiah dapat disajikan secara ilmiah, semi-ilmiah, maupun popular. 

1. Karya Tulis Ilmiah.

Karya tulis ilmiah adalah suatu karya tulis yang disusun berdasarkan pendekatan dan metoda ilmiah (aplikasi dari metoda ilmiah) yang ditujukan untuk kelompok pembaca tertentu. Penulisan tersebut disebut ilmiah, karena penulisan tersebut adalah sistematik, generalisasi, eksplanasi, maupun terkontrol.
Macam macam karya ilmiah :
1. Laporan.
2. Makalah Ilmiah.
3. Penulisan Ilmiah.
4. Skripsi.
5. Tesis.
6. Disertasi.

2. Karya Tulis Populer.

Dalam Kamus Bahasa Indonesia disebutkan bahwa Populer berarti dikenal dan disukai orang banyak (umum). Bisa juga berarti sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya, atau mudah dipahami orang banyak. Istilah populer merujuk kepada penggunaan bahasa yang relatif lebih santai, padat, serta mudah dicerna oleh pembacanya yang begitu beragam, dan tampilan karya atau layout yang disajikan semenarik mungkin agar masyarakat tertarik untuk membacanya

Karya tulis ilmiah populer merupakan karya ilmiah yang bentuk, isi, dan bahasanya menggunakan kaidah-kaidah keilmuan, serta disajikan dalam bahasa yang santai dan mudah dipahami oleh masyarakat awam.
Slamet Suseno (dalam Dalman, 2012: 156) mengemukakan bahwa karya tulis ilmiah populer lebih banyak diciptakan dengan jalan menyadur tulisan orang lain daripada dengan jalan menulis gagasan, pendapat, dan pernyataannya sendiri. Karya ilmiah populer adalah karangan ilmiah yang berisi pembicaraan tentang ilmu pengetahuan dengan teknik penyajian yang sederhana mengenai hal-hal kehidupan sehari-hari.

sumber : Wahyu, Tri . 2006. Bahasa Indonesia, Jakarta: Universitas Gunadarma.
                                                                             

0 comments:

Posting Komentar