Selasa, 18 Maret 2014

0

Alinea

A. Pengertian Alinea.

     Alinea adalah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat. Alinea diperlukan untuk mengungkapkan ide yang lebih luas dari kalimat dari sudut pandang komposisi, alinea sebenarnya sudah memasuki kawasan wacana atau karangan sebab karangan formal yang sederhana boleh saja hanya terdiri atas satu alinea. Jadi, tanpa kemampuan menyusun alinea tidak mungkin bagi seseorang mewujudkan sebuah karangan.

B. Struktur Alinea.

     Berdasarkan fungsinya, kalimat yang membangun alinea pada umumnya dapat diklasifikasikan atas dua macam, yaitu :

    Kalimat Utama : Biasanya diletakkan pada awal paragraf, tetapi bisa juga diletakkan pada bagian tengah maupun akhir paragraf. Kalimat utama adalah kalimat yang inti dari ide atau gagasan dari sebuah paragraf. Biasanya berisi suatu pernyataan yang nantinya akan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat lainnya dalam bentuk kalimat penjelas.

    Kalimat Penjelas : Kalimat penjelas adalah kalimat yang memberi penjelasan tentang gagasan pokok.Kalimat penjelas harus senantiasa menjabarkan gagasan yang dinyatakan dalam kalimat topik

C. Tujuan Pembentukan Alinea .

    Memudahkan pengertian dan pemahaman dengan menceraikan suatu tema dari tema yang lain. Oleh sebab itu alinea hanya boleh mengan dung suatu tema, bila terdapat dua tema, maka dipecahkan menjadi dua alinea.

    Memisahkan dan menegaskan perkataan secara wajar dan formal, untuk memungkinkan kita berhenti lebih lama daripada perhatian pada akhir kalimat. Dengan perhentian yang lrbih lama ini, konsentrasi terhadap tema alinea lebih terarah.

D. Macam-Macam Alinea .

Berdasarkan sifat dan tujuannya, alinea dapat dibedakan menjadi :

    Alinea Pembuka
    Alinea Penghubung
    Alinea Penutup

Berdasarkan sifat isinya, alinea dapat dibedakan menjadi :

    Alinea persuatif
    Alinea argumentatif
    Alinea naratif
    Alinea deskriptif
    Alinea ekspositoris

Berdasarkan fungsi, alinea dapat dibedakan menjadi :

    Alinea Pembuka
    Alinea Pengembang
    Alinea Penutup

sumber:http://mziadilmi.blogspot.com/2013/01/pengertianstrukturtujuanmacam.html

0 comments:

Posting Komentar